Cerita Kemenangan di Grand Final Seni BUMN Fest 2023

Pertunjukkan Seni Berkelas Prestasi Insan BUMN

Setelah sebelumnya sukses dilaksanakan babak penyisihan 3 lomba cabang seni BUMN Fest 2023, pada hari Sabtu (29/7) lalu telah diumumkan para pemenang lewat ajang Grand Final Seni BUMN Fest 2023.

Secara berurutan para finalis Lomba Berbalas Pantun, diikuti finalis Lomba Vokal Grup, dan ditutup dengan para finalis Lomba Band, kembali menunjukkan talenta mereka di hadapan para dewan juri dan supporter yang memadati Auditorium PLN Pusat, Jakarta.

Dibuka secara resmi oleh tuan rumah PLN diwakili oleh Bapak Gregorius Adi Trianto yang juga merupakan Ketua Panitia BUMN Fest 2023 sekaligus sebagai Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PT PLN (Persero), Grand Final Seni BUMN Fest 2023 berlangsung meriah dan kaya akan budaya Indonesia.

Final Lomba Berbalas Pantun

Dimulai dengan Lomba Berbalas Pantun, 4 finalis beradu mendendangkan pantun yang indah dan menghibur. Mereka adalah Grup Pantun PLN, Telkom, BNI, dan BRI. Final Lomba Berbalas Pantun memang berbeda dengan cabang lomba lain lantaran harus memiliki jumlah finalis yang genap agar dapat Berbalas Pantun dengan sempurna.

Grup Pantun Telkom dan PLN sebagai finalis di rumpun pertama sukses mengawali pertunjukkan dengan pantun dengan kekhasan Nusantara yang telah dimodifikasi dari babak penyisihan sebelumnya. Tidak kalah seru, rumpun kedua yaitu BNI dan BRI menyajikan pertunjukkan pantun yang menghibur dengan kelakar, koreografi dan musik yang ear-catchy.

Komposisi Dewan Juri masih terdiri dari Rendra Setyadihardja, seorang Budayawan yang pernah memecahkan rekor MURI berbalas pantun selama 6 jam tanpa henti di TIM Jakarta pada tahun 2008, serta Bapak Achmad Fachrodji, Direktur Utama PT Balai Pustaka (Persero) yang dikenal sebagai Bapak Pantun BUMN.

“Kami cukup gembira karena beberapa finalis menunjukkan perkembangan yang signifikan sejak babak penyisihan. Artinya, masukan dewan juri benar-benar didengar dan dijadikan motivasi untuk meraih kemenangan hari ini,” tutur Rendra Setyadihardja lebih lanjut.

Setelah proses penjurian yang ketat, akhirnya terpilihlah 3 pemenang Lomba Berbalas Pantun BUMN Fest 2023:

Juara 1: Telkom

Juara 2: BRI

Juara 3: BNI

Ada yang menarik dari Lomba Berbalas Pantun di mana lomba ini merupakan yang pertama kalinya digelar di BUMN Fest 2023. Kumpulan karya pantun yang dihasilkan oleh 15 peserta di babak penyisihan akan dikompilasikan untuk diterbitkan oleh Balai Pustaka menjadi sebuah buku hasil karya Insan BUMN. “Buku ini nantinya secara resmi akan mendapat kata pengantar dari Menteri BUMN Bapak Erick Thohir, dan dipublikasikan ke masyarakat luas. Ini akan menunjukkan betapa Insan BUMN berusaha untuk terus melestarikan pantun Indonesia yang sangat kaya,” ungkap Bapak Achmad Fachrodji selaku Direktur Utama Balai Pustaka.

Final Lomba Vokal Grup

Dari cabang seni Lomba Vokal Grup, gelar juara diperebutkan antara BTN, BNI, dan Pelindo. Pada gelaran final ini, ada satu lagu yang wajib dibawakan finalis, yaitu jingle BUMN Untuk Indonesia dari SKB BUMN Voice.

Tampil di nomor urut pertama, BTN mengawali kompetisi babak final ini dengan menyanyikan lagu wajib diikuti dengan lagu medley yang memukau. Vokal Grup Pelindo pun tidak kalah apik dengan vocal yang menawan serta kostum yang segar. Terakhir, Vokal Grup BNI tampil dengan aransemen yang mewah dan menyelipkan kejutan-kejutan yang membuat para juri takjub.

Lomba Vokal Grup kali ini juga menghadirkan tokoh-tokoh musik tanah air sebagai panelis dewan juri. Di antaranya adalah; Agus Wisman dari grup Elfa’s Singers dan Widi Mulia dari B3, yang juga merupakan dewan juri di babak penyisihan, serta Gamaliel Tapiheru dari grup musik GAC.

“Walaupun saya nggak hadir di babak penyisihan, jujur saya terhipnotis banget sama penampilan tiga finalis vokal grup ini. Luar biasa, dan BUMN patut berbangga memiliki talenta-talenta seperti ini!” tutur Gamaliel.

Setelah diskusi dewan juri, akhirnya ditetapkan 3 pemenang Lomba Vokal Grup BUMN Fest 2023, yaitu:

Juara 1: Vokal Grup BNI

Juara 2: Vokal Grup BRI

Juara 3: Vokal Grup Pelindo

Final Lomba Band

Tidak kalah seru dari dua lomba sebelumnya, Lomba Band menjadi penutup yang epik pada perhelatan Grand Final BUMN Fest 2023. Tiga band terbaik yang terpilih saat babak penyisihan; Jasa Raharja, Pegadaian, dan Pelindo, sekali lagi harus membuktikan bahwa mereka layak menyandang predikat pemenang.

Panelis dewan juri di babak final ini bertambah satu, yaitu Rika Roeslan, seorang vokalis yang dikenal luas akan kiprahnya bersama grup band The Groove. Dua juri lainnya masih sama dengan saat babak penyisihan, yaitu Ivanka Slank dan Andre Dinuth.

Dalam babak final, para finalis dibebaskan untuk membawakan lagu apa saja dari berbagai macam genre. Ruang kreativitas tanpa batas ini dimanfaatkan secara maksimal oleh para finalis. Terlihat beberapa band membawakan lagu baru, ada pula yang membawakan lagu saat babak penyisihan tentunya dengan aransemen yang diperbaharui, tampilan visual yang menawan serta stage-act yang menaarik.

Setelah diskusi panjang, keluarlah 3 pemenang Lomba Band BUMN Fest 2023. Mereka adalah:

Juara 1: Band Pelindo

Juara 2: Band Jasa Raharja

Juara 3: Band Pegadaian


Malam puncak pengumuman pemenang Grand Final BUMN Fest 2023 juga dimeriahkan dengan penampilan Zian Spectre, yang turut mengajak Ivanka Slank dan Andre Dinuth untuk jamming session dan menunjukkan skill bermusiknya di hadapan Insan BUMN.

Setelah itu, audiens juga disuguhkan penampilan elegan dari Voices of PLN, grup vokal kebanggan PLN yang tampil dengan lagu-lagu yang menginspirasi, tepat sebelum dibacakannya pengumuman pemenang.

Selamat kepada para pemenang Lomba Seni BUMN Fest 2023! Semoga prestasi ini dapat menjadi energi positif untuk terus berkarya untuk Indonesia.

Salam #BergerakBersamaBerprestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *